Daftar Isi
- 1 Sertifikat Akses Internet Tel-U Connect
- 2 Panduan Akses Jaringan WiFi TelU-Connect
- 3 Kendala TelU-Connect atau TUNE: “No Internet, secured” atau “Can’t connect to this network” pada Device Laptop Windows
- 4 Kendala Gagal Akses Wifi TelU-Connect (no internet, secured) pada Device HP Android
- 5 Kendala TelU-Connect: “No Internet, secured” atau “Can’t connect to this network” pada Device MacOS
- 6 Tel-U Connect for Device INFINIX, REALME AND GOOGLE PIXEL
- 7 Mahasiswa Baru Gagal Login Tel-U Connect Notifikasi “Tidak dapat terhubung dengan jaringan Tel-U Connect”
Sertifikat Akses Internet Tel-U Connect
Untuk pengguna yang ingin mengakses jaringan Tel-U Connect tetapi memerlukan sertifikat jaringan Tel-U Connect, Bisa download file sertifikat berikut: download disini
Panduan Akses Jaringan WiFi TelU-Connect
Menggunakan sistem autentikasi yang berbeda dengan pendahulunya (Employee@TelkomUniversity dan TelkomUniversity) yang menggunakan teknologi captive portal, berikut langkah-langkah untuk terkoneksi ke jaringan WiFi TelU-Connect:
1. Buka pengaturan WiFi pada perangkat dan pilih SSID TelU-Connect
2. Masukkan username dan password iGracias pada kolom yang disediakan (contoh, username: doraemon, password: doraemon123!), pilih OK, Join, atau Connect, kemudian ikuti panduan di bawah sesuai perangkat yang digunakan
Tel-U Connect untuk Windows
1. Muncul pertanyaan “Continue connecting?” setelah pilih OK
2. Pilih Connect untuk terkoneksi dengan jaringan WiFi TelU-Connect

Tel-U Connect untuk iOS
1. Muncul pop-up Certificate setelah pilih Join
2. Pilih Trust untuk terkoneksi dengan jaringan WiFi TelU-Connect

Tel-U Connect untuk macOS
1. Hubungkan ke jaringan wifi Telu Connect
2. Masukan Akun SSO Username dan Password, lalu klik “OK”

3. Notifikasi certificate lisence klik “continue”

4. Jika berhasil, status “connected”

Tel-U Connect untuk Android
1. Masukkan username dan password iGracias pada kolom Identity dan Password
2. Jika ada pilihan CA certificate, pilih Don’t validate, kemudian klik Connect, atau

Catatan Penting: Jika Anda mengubah password SSO, harap Forget SSID TelU-Connect terlebih dahulu
Panduan Connect Jaringan TUNE Visitor/Guest
Berikut adalah langkah-langkah untuk log in menggunakan TUNE Visitor:
1. Menggunakan WiFi, pilih SSID TelU-Guest
2. Halaman log in TUNE akan terbuka secara otomatis melalui browser, jika halaman log in tidak terbuka secara otomatis, akses secara manual melalui browser
3. Pilih Visitor Entrance pada halaman log in TUNE
Untuk panduan infografis, bisa klik link berikut: Infografis TUNE Visitor Code
Kendala TelU-Connect atau TUNE: “No Internet, secured” atau “Can’t connect to this network” pada Device Laptop Windows
Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala koneksi TelU-Connect atau TUNE dengan notifikasi seperti di atas:
Forget TelU-Connect atau TUNE
1. Klik tombol Quick Settings yang terletak di pojok kanan bawah pada Taskbar Windows.

2. Pada menu Quick Settings, cari tombol WiFi dan klik tanda panah di sebelahnya.

3. Klik kanan pada TelU-Connect, TelkomUniversity, atau Employee@TelkomUniversity dan pilih Forget.

4. Terakhir, hubungkan kembali dengan TelU-Connect, TelkomUniversity, atau Employee@TelkomUniversity untuk melihat apakah sudah berhasil terhubung/belum, jika belum, silakan lanjut ke panduan di bawah ini.
Restart WiFi Driver
1. Klik kanan pada logo Windows dan pilih Device Manager

2. Klik 2x Network adapters melalui Device Manager

3. Pilih dan klik kanan pada WiFi driver yang ada (nama driver mungkin berbeda pada tiap perangkat), kemudian klik Disable device dan pilih Yes pada prompt yang muncul

4. Restart komputer, buka kembali aplikasi Device Manager, pilih dan klik kanan WiFi driver yang sebelumnya dinonaktifkan, kemudian pilih Enable device
5. Terakhir, hubungkan kembali dengan TelU-Connect
*Jika akses wifi TelU-Connect masih belum bisa terkoneksi, sampaikan kendala Anda melalui WA Admin IT Service Desk dengan melampirkan identitas dan lokasi terkendalanya TelU-Connect.
Kendala Gagal Akses Wifi TelU-Connect (no internet, secured) pada Device HP Android
1. Lakukan forget wifi TelU Connect
2. Jika sudah dicoba login ulang kembali pada ssid TelU Connect. Jika masih belum bisa, dilanjutkan pengecekan pada DNS dan VPN pada device handphone.
3. Buka pengaturan pada device hp, Pilih Connection (koneksi)

4. Pilih “More Connection” (Koneksi Lainnya)

5. Untuk VPN disetting (NONE) dan Private DNS disetting (automatic)

6. Untuk private DNS pilih “automatic”
Kendala TelU-Connect: “No Internet, secured” atau “Can’t connect to this network” pada Device MacOS
1. Mohon dikoneksikan jaringan wifi yang tidak bisa diakses, lalu klik “details”

2. Dipastikan jaringan Tel-U Connect Status IP jelas seperti gambar dibawah:

3. Cek bagian DNS apakah sudah settingan “automatis” , jika settingan “manual” harap diubah ke automatis (static DHCP)

Tel-U Connect for Device INFINIX, REALME AND GOOGLE PIXEL
- Untuk EAP method diisi “PEAP”
- Phase 2 authentication “MSCHAPV2”
- Sebelum ke CA Certificate silahkan download file sertifikat berikut terlebih dahulu: download disini
- Jika sudah klik CA Certificate, pilih “Install from gallery” lalu pilih file yang sudah di download sebelumnya
- Identify diisi “username sso”
- passwordnya diisi “password sso”
- Pilih “Connect”

Mahasiswa Baru Gagal Login Tel-U Connect Notifikasi “Tidak dapat terhubung dengan jaringan Tel-U Connect”
Pastikan NIK sudah terdaftar di iGracias. Login igraciasnya > pilih menu edit profile > cari form “kewarganegaraan”. Jika NIK masih kosong, silahkan hubungi pihak BSLA https://linktr.ee/bsla_univtelkom
Jika NIK sudah didaftarkan oleh pihak BSLA, silahkan login iGracias lalu ubah password iGracias di menu edit profile > akun > ubah password. Setelah ubah password, silahkan dicoba login iGracias menggunakan password baru, jika berhasil? Silahkan dicoba login ulang koneksi Tel-U Connect.