Menjaga Eksistensi Website Di Mesin Pencarian

Mesin-mesin pencarian seperti Google, Bing, Yandex, memiliki aturan masing-masing  dalam memasukkan data konten website ke database-nya. Namun karena Google sebagai mesin pencari terbesar saat ini, rata-rata aturannya mengikuti aturan Google.

Untuk menjaga eksistensi website di mesin pencarian maka operator website Telkom University, atau pemilik blog personal (staff/student), perlu melakukan hal-hal berikut ini.

Tidak selalu konten original menjadi patokan bahwa website/blog kita akan aman dari deindex, karena walaupun kita memiliki konten original namun tidak memiliki pengunjung/pembaca, maka bisa jadi konten web kita akan dikeluarkan dari database mesin pencarian. Karena kontennya tidak menarik, ingat mesin pencarian juga butuh dana untuk operasionalnya, maka untuk apa memenuhi database mereka, jika datanya tidak menguntungkan mereka.

SEO tools

  • Google Search Console

    Setiap website di domain *.telkomuniversity.ac.id, sudah didaftarkan ke google search console, bisa minta aksesnya ke PuTI.
    Namun tidak ada salahnya apabila operator website ingin mendaftarkan juga di account milik sendiri, caranya yaitu sebagai berikut:

Google Search Console klik panah bawah
Google Search Console klik panah bawah
Google Search Console klik Add property
Google Search Console klik Add property
  • Pilih property tipe URL Prefix
  • Google Search Console pilih URL prefix
    Google Search Console pilih URL prefix
  • Pilih tipe HTML tag untuk verifikasi kepemilikan website
  • HTML tag verified ownership website
    HTML tag verified ownership website
  • Masukkan kode

  • script dari html tag ke menu plugin SmartCrawl Pro (baca dibawah Plugin SmartCrawl Pro)
    • Menu SmartCrawl
    • /wp-admin/admin.php?page=wds_settings
  • Smart Crawl Pro verifikasi kepemilikan website
    Smart Crawl Pro verifikasi kepemilikan website
    Smart Crawl Pro verifikasi kepemilikan website di search engine
    Smart Crawl Pro verifikasi kepemilikan website di search engine
  • Lakukan verifikasi

  • di google search console, jika kode terbaca maka akan terverifikasi.
    Apabila tidak terverifikasi, lakukan:
    • Copy Paste ulang kode dari GSC ke SmartCrawl, Save
    • Clear Cache Hummingbird
      Clear Cache hummingbird
      Lalu verifikasi
    • Jika masih belum bisa juga, coba masukin kode lewat plugin jetpack
  • Jetpack Setting
    Jetpack Setting
    Jetpack Website Verification Menu
    Jetpack Website Verification Menu
  • Jika kedua cara submit verifikasi diatas gagal, maka hubungi PuTI, karena kemungkinan ada kesalahan.
  • Masukkan sitemap
    Setelah web berhasil diverifikasi kepemilikannya, maka langkah berikutnya ada submit sitemap.xml dan feed rss ke Google Search Console.
    Sitemap merupakan sebuah file yang berisi informasi konten apa saja yang ada di website kita, sedangkan rss feed adalah url yang berisi informasi konten terkini di website kita.
    Sitemap wordpress umumnya dapat diakses di url /sitemap.xml dan rss feed di /feed
    • Sitemap submit google search enggine
    • Pastikan sitemap sudah terbaca
  • Selain Google Search Console, kita juga perlu submit ke search engine besar lainnya, bermanfaat untuk memastikan website kita bisa diakses oleh search engine apapun dan dinegara apapun. Karena ada kalanya suatu negara memblokir akses ke google.com.

    Submit Search Engine Lainnya

    Setelah submit data website, maka selanjutnya kita cek apakah konfigurasi SEO website kita secara umum sudah betul.

    Plugin internal untuk konfigurasi SEO

    • Plugin SmartCrawl Pro

      • Verifikasi Kepemilikan Wesbite di Search Engine
        • Login ke website
        • Masuk menu plugin smart crawl
    Smart Crawl Pro verifikasi kepemilikan website
    Smart Crawl Pro verifikasi kepemilikan website
  • Link /wp-admin/admin.php?page=wds_settings
  • Smart Crawl Pro verifikasi kepemilikan website di search engine
    Smart Crawl Pro verifikasi kepemilikan website di search engine

    Masukkan kode html tag yang diperoleh dari Search Engine (baca diatas untuk Google Search Console)

  • Klik “Save Setting”.
  •  
  • Meta Title dan Description

    • Meta bermanfaat untuk menampilkan kalimat apa yang nantinya akan tampil di search engine.
      • Meta title description
    • Konfigurasi Meta Title Dan Description di SmartCrawl
      • /wp-admin/admin.php?page=wds_onpage untuk set meta
        • Meta di SmartCrawl
        •  
      • /wp-admin/admin.php?page=wds_schema untuk set schema
      • Konfigurasikan agar sesuai dengan Branding kampus, jangan pernah biarkan meta title mengandung tulisan home/homepage
  • Optimasi Konten

    Agar konten lebih rajin diindex oleh mesin pencari maka, komposisi konten yang kita buat haruslah menarik search engine untuk melakukan crawling.

    • Sisipkan Gambar

      • Gambar diperlukan untuk mempertegas bahwa konten yang dituliskan ada dokumentasinya, dan saat suatu konten berita memiliki gambar, maka jadi tambahan poin kemungkinan konten kita tampil di search engine. 1 tampil terbaca dari judulnya, 2 tampil karena dari isi berita, 3 tampil karena ada gambar berkaitan dengan kata kunci yang dicari.
    • Beri Nama Gambar

      • Nama gambar jangan dibiarkan apa adanya (misalnya dapat dari whatsapp, lalu dibiarkan namanya whatsapp98797), tapi harus kita namakan ulang, sesuai dengan judul berita.
        • Isian deskripsi gambar wajib diisi
        • Deskripsi Gambar
    •  Judul, Isi/Konten, Keyword

      • Judul dan Deskripsi yang akan tampil di search engine perlu kita atur, agar memudahkan pembaca mendapatkan informasi sesuai yang dia cari. Sedangkan keyword memudahkan tools SEO memberikan rekomendasi apa yang perlu dilakukan jika konten kita ingin tampil di search engine sesuai kata kunci yang kita kehendaki.

      • Meta Judul dan Deskripsi
        Meta title description disetiap konten

        Hasil SEO berwarna hijau


        Plugin SmartCrawl memberikan fitur berupa edit meta title dan description, cari dibawah bagian edit konten post ataupun page. Pastikan poin title dan description berwarna hijau, sesuai indikasi.


         

         



      • Keyword


        Setelah kita memasukkan keyword, maka tools smartcrawl akan memberikan saran perbaikan apa saja yang perlu dilakukan agar konten bisa tampil dimesin pencari sesuai kata kunci yang diinginkan. Pastikan semua bisa berwarna hijau.

    Ikuti saran perbaikan smart crawl
    Lakukan perbaikan sesuai saran dari SEO tools
  •  
  • Link Kedalam dan Keluar

    Link kedalam : link dalam domain yang sama,bisa merujuk ke artikel lain yang kurang lebih memiliki bahasan yang sama, atau ada tujuan tertentu (misalnya mengarahkan untuk membuka artikel)
    Link keluar : link dari domain yang betul-betul berbeda milik orang lain, berikan tag nofollow untuk link luar ini. Agar poin backlink tidak terbagi ke domain luar

    • Tag Nofollow

      Selalu berikan tag nofollow untuk link yang lebih dari satu dari sebuah konten. Tag nofollow juga bermanfaat untuk memberitahukan search engine agar tidak perlu mengindeks link tersebut.

  • Link URL dengan nofollow agar backlink tidak terbagi
    Link URL dengan nofollow agar backlink tidak terbagi
  • Jumlah Link

    Usahakan selalu ada link ke dalam dan keluar, dengan topik yang related, jadi minimal ada dua link dalam setiap posting (termasuk saran dari SEO tools SmartCrawl)

  • Berbagi Link

    • Share di Sosial Media

      • Status SosMed : bikin status yang mensisipkan domain website
      • Profile SosMed : cantumkan domain kita disetiap profile
        • Facebook
        • Youtube
        • Instagram
        • Twitter
        • Google Scholar
    • Blog Walking

      • Blog Walking adalah aktivitas memberikan komentar di website milik orang lain, dengan mensisipkan domain website milik kita.
        blog walking
      • Website/Blog dengan domain sendiri
        • Universitas edu, ac.id
        • Sekolah sch.id
        • Perusahaan/Komersial .com, co.id
        • Organisasi .org, .or.id
      • Blog gratisan
        • blogspot.com
        • wordpress.com
        • medium
        • kompasiana

    Contoh pencarian blog yang dapat kita komentari seperti ini https://www.google.com/search?q=site%3Aupi.edu+Leave+a+Reply&rlz=1C1CHBF_enID814ID814&oq=site%3Aupi.edu+Leave+a+Reply&aqs=chrome..69i57j69i58.8746j0j4&sourceid=chrome&ie=UTF-8

    Kita bisa sesuaikan domain apa yang akan kita cari.


    • Footer Email


      Footer email salah satu kontribusi untuk meningkatkan kunjungan ke website kita, sehingga perlu dikonfigurasi.


    • Footer Email

    Konten is the King

    • Bikin konten secara berkala

      • Bikin konten seacara berkala merupakan salah satu cara ampuh untuk mengingatkan search engine bahwa website tersebut hidup dan layak dibaca. Sehingga perlu dilakukan posting berita secara berkala yang konsisten, misalnya 1 hari 1 berita, atau 1 pekan 1 berita. Jangan sampai dibiarkan sebulan penuh tidak ada update berita sama sekali. Untuk menghindari berkurangnya data konten website kita di search engine.
    • Konten menarik

      • bagi manusia: maka struktur penulisan enak dibaca, dan konten yang membuat menarik untuk dibaca (pembaca berlama-lama membaca website kita. Pastikan ada Heading 2, Heading 3, paragraf, numbered / bullet list, gambar, kesimpulan, link referensi.
      • bagi mesin: mudah dibaca, diakses, dan tidak umum/unik

    Cek Performansi Website

    Tahap terakhir setelah hal diatas semua dilakukan adalah cek apakah aktivitas kita sudah berada dijalan yang benar. Agar usaha kita terukur, kita dapat mengetahui kekurangan sehingga dapat dilakukan optimalisasi lagi. Tools yang dapat dipakai yaitu sebagai berikut:

     

    Discover more from FAQ Telkom University

    Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

    Continue reading